Kamis, 07 Januari 2010

Setengah syukur dan setengah sabar.

Dalam sebuah riwayat dikisahkan ,pada zaman khalifah Al Manshur salah seorang menterinya yang bernama Al ashmui melakukan perburuan ...karena terlalu asyik mengejar hewan buruan ia terpisah dari kelompoknya dan tersesat.
Ketika rasa haus mulai mencekiknya dikejauhan ia melihat sebuah kemah terasing dan sendirian...iapun memacu kudanya kearah sana dan menemukan penghuninya yang memukau wanita muda yang jelita.
Kemudian Al Ashmui meminta air,wanita itu berkata :"ada sedikit air sedikit tapi ini kupersiapkan untuk suamiku namun masih ada minuman milikku bila engkau berkenan maka ambillah".
Tiba-tiba wajah wanita itu tampak siaga..:"Suamiku datang" katanya sambil dengan tergesa-gesa menyiapkan air dan kain pembersih.
Ternyata lelaki yang datang itu sorang lelaki tua yang jelek dan menakutkan,mulutnya tak henti-henti menghardik istrinya yang sedang menyeka peluh diwajah lelaki tua itu...tak sepatah kata balasan yang keluar dari mulut wanita itu,wanita itu tetap saja melayani suaminya dengan khidmat...Sebelum pergi Al Ashmui bertanya:"Engkau masih muda,cantik dan setia mengapa engkau korbankan dirimu untuk melayani lelaki tua yang berakhlak buruk".
Dan wanita itupun menjawab :
Rasulullah SAW bersabda :"Agama ini (Islam) terdiri dari dua bagian yaitu Syukur dan sabar".
Dan aku bersyukur karena Allah telah menganugerahkan kepadaku usia muda,kecantikan dan perlindungan dan Allah membimbingku untuk berakhlak baik itu berarti aku telah melaksanakan setengah dari agamaku karena itu aku ingin melengkapinya sebagian lagi dengan kesabaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar